ITB Miliki Gedung Klinik Pratama

ITB Miliki Gedung Klinik Pratama

ITB Miliki Gedung Klinik Pratama

Unit Pelaksa­nak Teknis (UPT) Pelayanan Kesehatan Institut Tekno­logi Bandung

meresmikan Gedung Klinik Pratama ITB yang berlokasi di Rumah A, Jalam Ganesa No.15A Kota Bandung, klinik tersebut untuk melayani masyarakat yang berobat dengan meng­gunakan BPJS.

”Klinik Pratama ini diha­rapkan dapat mendekatkan masyarakat sekitar ITB dan seluruh sivitas akademika ITB yang biasanya harus menuju Puskemas cukup jauh,” kata Kepala UPT Lay­anan Kesehatan ITB Dr Sa­santi Tarini dalam siaran pers Humas ITB, kemarin.

Ia mengatakan bangunan rumah A yang digunakan sebagai klinik, merupakan bangunan “heritage”

(wari­san budaya) dan pada masa sebelumnya pernah diguna­kan sebagai Asrama Maha­siswa, Kantor Pos dan per­kantoran sebelum akhirnya pada penghunjung 2017 ITB mengalihfungsikan bangu­nan ini sebagai Klinik Pra­tama ITB.

Jika pada sebelumnya sudah didirikan Klinik Bumi Med­ika Ganesha ITB yang ber­lokasi di jalan Gelap Nya­wang, Klinik Pratama ini untuk melayani masyarakat yang berobat dengan meng­gunakan BPJS.

Di era Jaminan Kesehatan Nasional yang mewajibkan seluruh masyarakat Indo­nesia

bergabung dengan BPJS mendorong institusi-insti­tusi besar termasuk ITB un­tuk menjadi salah satu mitra BPJS dalam meny­ediakan layanan untuk me­ningkatkan kualitas keseha­tan masyarakat.

Peresmian Klinik Pratama secara simbolis dilakukan oleh Rektor ITB Prof Kadar­sah Suryadi dengan meng­gunting pita dan pemotong­an tumpeng.

Menurut Rektor, kehadiran klinik tersebut telah men­dukung salah satu pilar da­lam indeks pembangunan manusia (IPM), yaitu kese­hatan masyarakat.

“Kalau kita kaitkan dengan kehidupan kita, ada yang namanya indeks pembangu­nan manusia, ada tiga kom­ponen di antaranya suatu bangsa akan maju kalau masyarakatnya sejahtera, suatu bangsa akan maju ka­lau pendidikan di masyara­katnya maju dan suatu bangsa akan maju kalau kesehatannya terjaga,” ka­tanya.

 

Sumber :

https://gumroad.com/dosenpendidikan