Lomba Mewarnai Mengembangkan Kreatifitas Usia Dini

Lomba Mewarnai Mengembangkan Kreatifitas Usia Dini

Lomba Mewarnai Mengembangkan Kreatifitas Usia Dini

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakan (KAP) Kota Payakumbuh, Drs. H. Zulrefri, mengatakan

, maksud dan tujuan kegiatan yang diselenggarakan KAP, dengan mengadakan lomba mewarnai tingkat TK/RA, adalah merupakan kegiatan anak-anak pra-sekolah dan Taman Kanak-Kanak.

“Tujuan yang hendak dicapai dalam lomba mewarnai ini, yakni, mengembangkan kreatifitas, imajinasi anak serta penyaluran bakat, melatih keselarasan motorik, penguatan percaya diri, pengembangan afeksi dan komunikasi aktif, “ujar Zulrefri dalam sambutannya pada acara lomba mewarnai tingkat TK/RA se kota Payakumbuh yang diikuti 114 peserta, Selasa (29/3).

Kegiatan lomba mewarnai tingkat TK/RA, lomba menulis artikel tingkat SLTP, SLTA dan umum, lomba bercerita rakyat tingkat SD/MI yang diangkat KAP pada tahun ini adalah dalam rangka sosialisasi publikasi keberadaan perpustakaan umum daerah kota Payakumbuh dalam upaya “Meningkatkan Minat Baca” yang dimulai dari usia dini.

Hasil lomba yang dinilai 3 dewan juri diantaranya Jonny Indra, S.Sos, Nelly, S.Pd, Yetri, S.Pd

, memutuskan juara I, II dan III dimenangkan oleh Intan Aini dari TK IPHI, Kumara Atika dari RA Nurul Huda dan Sakia Putri, sedangkan juara harapan I, II dan III diraih oleh Sifa Adira dari TK PKK Ibuh, Hasanain Fauziah dari TK Pembina Payakumbuh Barat, Intan Meldiana Putri dari TK Pertiwi Limbukan.

“Kemudian, hasil lomba ini akan dijadikan sebagai penambah koleksi pada perpuatakaan umum daerah. Kita berharap kepada pemenang ini tetap kita bina dankita pantau kemena meraka melanjutkan pendidikan, sehingga bakat meraka janga sampai tinggal ditelan masa dan jangan sia-sia begitu saja, sebab mereka merupakan aset kota Payakumbuh, “ujar Zulrefri.

Wakil Walikota Payakumbuh Drs. H. Suwandel Muchtar, ketika membuka acara tersebut, mengatakan

, tujuan lomba mewarnai adalah membentuk moral kegiatan, daya pikiran anak (kognitif) dan keterapilan anak (psikomotor) dan melatih kemandirian anak dalam mengerjakan sesuatu.

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar-gambar yang mereka hasilkan juga dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak.

Mengingat banyaknya manfaat aktivitas mewarnai bagi si kecil, tak ada salahnya jika para orangtua mulai membiasakan anak-anaknya mewarnai gambar sejak dini, mulailah dengan gambar-gambar yang tidak terlalu detail agar si kecil lebih mudah mengaplikasikan warna yang ingin ditorehnya.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/9a22V9x9u0kKe8aTaR