Melatih Logika dengan Matematika

Melatih Logika dengan Matematika

Melatih Logika dengan Matematika

Pelajaran matematika masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran

yang membosankan bagi sebagian siswa. Padahal, jika mengetahui kuncinya, pelajaran berhitung ini sangat menyenangkan. Demikian dikatakan guru matematika SMAN 7 Kota Bekasi, Priyanti.

Menurutnya, dibutuhkan siswa yang aktif untuk mendalami pelajaran tersebut. Matematika bukanlah sekedar pelajaran untuk menghitung sesuatu. Namun, lanjutnya, matematika merupakan pelajaran untuk melatih logika.

“Berbeda dengan pelajaran lain. Satu bab pelajaran matematika bisa meliputi

berbagai macam masalah (soal) yang harus kita selesaikan. Caranya adalah dengan membiasakan otak kita untuk menyelesaikan soal-soal itu. Ini sama saja dengan menyelesaikan permasalahan hidup,”terangnya.

Priyanti menambahkan, matematika tidak bisa diselesaikan dengan baik dengan mengandalkan hafalan. Menghafal semua rumus adalah ide buruk. Pemahaman konsep adalah suatu hal yang mutlak bagi kita dalam belajar matematika.

“Kalau tidak paham konsep, dengan memegang semua buku yang ada di dunia, atau membawa catatan rumus, kita tetap tidak akan bisa menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Memang soal matematika itu susah, masalahnya tingkat kesulitan soal yang sering dihadapi berbeda dengan yang diterangkan oleh guru di kelas,” lanjutnya.

Maka dari itu, lanjut Priyanti Matematika menjadi momok menakutkan bagi anak-anak Indonesia

sehingga tak jarang membuat nilai rapor mereka merah. Bukan berarti anak-anak Indonesia tak punya kemampuan menaklukkan matematika. Buktinya, pada International Mathematics Contest Singapore (IMSC) 2017, tim Indonesia mampu meraih 14 emas, 26 perak, dan 50 perunggu.

“Hanya saja mereka sudah merasa inferior terlebih dahulu ketika mendengar kata matematika. Anggapan mata pelajaran itu susah untuk diajari akhirnya membuat mereka berada di bawah tekanan ketika mempelajarinya, ” terusnya.

Maka dari itu, Priyanti memberikan usulan untuk membuat pelajaran matematika jadi menyenangkan. Kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di kelas harus menyesuaikan dengan tuntutan jaman. Sekolah sebaiknya menggandeng teknologi (gadget dan internet) sebagai pendamping anak dalam belajar.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/