Sekolah Semakin Bersih dan Rapih

Sekolah Semakin Bersih dan Rapih

Sekolah Semakin Bersih dan Rapih

SMPN 3 Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata

. Hal ini dikarenakan, fasilitas yang berada dilingkungan sekolah mencerimkan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup. Seperti, ruang kelas yang sengaja dicat berwarna cerah meneduhkan. Bahkan, perpaduan warna hijau tua dan oranye begitu macing dibalur gambar bunga dan tanaman.

Kepala SMPN 3 Ciawi lilik Suhartini mengaku, selain penataan ruang kelas, pihaknya juga melakukan penataaan taman sekolah, kolam ikan, dan fasilitas literasi yang super memanjakan anak didik. Bahkan, kantin sekolah juga didesain layaknya restoran, dengan bangunan yang bersih.

“Kami pun memiliki masjid sekolah yang megah dengan fasilitas sanitasi air bersih,

berstandar nasional,” ujar Lilik saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, upaya yang diciptakan ini bertujuan agar para peserta didik betah saat berada dilingkungan sekolah, karena sekolah bagi anak didiknya merupakan rumah kedua setelah kediamannya sendiri.

Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman ketika melakukan segala aktivitas,” bebernya.

Salah satunya, kata dia, adalah dengan menata ruang kelas dengan desain yang sangat menyejukan supaya mereka betah dan nyaman.

“Saya ingin menciptakan suasana yang nyaman dan aman, sehingga para siswa benar-benar betah,

bukan karena keterpaksaan tapi karena mereka memang betah saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” ucapnya.

Ia menjelaskan, contoh lain agar anak didik mempunyai akhlak yang mulia, pihaknya juga membuat program pendidikan karakter berbasis agama. Dimana setiap pagi sebelum jam belajar dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan sholat dhuha dan mengaji bersama.

“Bagi anak didik yang rajin bolos dan nakal, sanksi dan hukuman yang diberikan adalah mengaji. Alhamdulillah sangat memberikan efek jera,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/