SMP IT AS-Salam Terapkan 2 Kurikulum

SMP IT AS-Salam Terapkan 2 Kurikulum

SMP IT AS-Salam Terapkan 2 Kurikulum

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) AS-Salam di Galunggung Kota Ambon,

dalam tahun ajaran 2015-2016 menerima 52 siswa baru sesuai kuota, sedangkan yang mendaftar sebanyak 58 orang.

Saat ditemui Tribun-Maluku.com diruang kerjanya Sabtu (4/7) Kepala SMPIT AS-Salam, Idrus, S.Pd mengatakan, setelah dinyatakan lulus dan siap masuk maka ke 52 siswa itu didaftar ulang dengan uang pendaftaran sebesar 50 ribu rupiah per siswa, karena ini sekolah swasta dan dana BOS tidak mencukupi untuk kegiatan operasional sekolah.

Jumlah guru yang mengajar di sekolah ini sebanyak 21 orang yang terdiri dari 8 guru

tetap berstatus PNS, sedangkan 13 guru lainnya masih berstatus honorer, sehingga pendapatan mereka harus dibiayai oleh Yayasan.

Dikatakan, biaya pendaftaran Rp.50 ribu per siswa itu digunakan untuk biaya administrasi namun, jika orang tua siswa memiliki surat keterangan tidak mampu, atau kartu miskin, maka siswanya tidak dipungut biaya.

Ada kelas laki-laki dan ada kelas perempuan siswa tidak dicampur dalam satu kelas

dan hal ini sudah dimulai tahun 2012 lalu.

Ide ini muncul ketika Idrus melakukan study banding ke Thailand, disana dia menyaksikan ada sekolah SMP putri semua dan ada pula SMP yang laki-laki semua sehingga muncul ide untuk menerapkannya pada SMPIT AS-Salam, kendatipun di SMP lainnya belum ada sistim seperti ini.

Menurut Idrus, Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon tidak melarang hal ini, karena dalam Sistim Pendidikan Nasiona ada yang namanya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), sehingga pengaturan sistim pendidikan itu diatur masing-masing sekolah.

Tidak ada diskriminasi siswa laki-laki dan perempuan diberlakukan sama, dan memang pemberlakuannya tidak mudah,”ucapnya.

Dalam proses pembelajaran, pihaknya menggabungkan kurikulum Nasional dengan kurikulum Yayasan, dan sekolah berputar hari Senin sampai Kamis dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore.

Karena komunitas di sekolah ini semuanya beragama Muslim sehingga pada saat jam istirahat, digunakan waktu 10 menit untuk Sholat dan makan siang dan sebelum pulang sekolah siswa kembali Sholat Ashar.(TM04)

 

Sumber :

https://zalala.co.id/malam-lailatul-qadar/