Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online

 

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas pekerjaan? Bagaimana melatih fokus ketika bekerja? Mungkin ada diantara sobat Ngonoo yang masih memikirkan atau bertanya-tanya seputar hal ini. Fokus dalam bekerja memang bisa menjadi sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Apalagi jika pekerjaan yang kita lakukan terkait dengan internet. Karena banyaknya godaan yang muncul di Internet. Bisa jadi facebook, skype, yahoo messenger, youtube, dan lain-lain.

Produktivitas pekerjaan kita bisa menurun, dan justru ada beberapa pekerjaan yang belum terselesaikan. Pada dasarnya sih tergantung kita juga bisa mengontrol diri apa gak, bisa fokus sama kerjaan dan mengabaikan gangguan itu apa gak. Nah, kali ini kita akan mencoba beberapa tips meningkatkan produktivitas dengan melatih fokus terhadap pekerjaan yang kita lakukan ini.

Bahasan kita kali ini agak berat dan serius. Meski NGONOO selalu mengajak jangan terlalu serius di dunia online, tapi kalo soal produktivitas, tep kudu serius.
3 Tips Meningkatkan Produktivitas
Close Semua Social Media & Aplikasi Chatting

Umumnya ini yang mengganggu fokus seseorang. Ada baiknya ketika masbero dan mbakses mengerjakan suatu pekerjaan, hentikan dulu kegiatan bersosialisasi melalui social media seperti facebook, twitter, tagged, dan lain-lain. Kecuali memang kalau pekerjaan sampean nongkrongin pesbuk tiap hari :p . Memang bakal berat pada tahap awal untuk melakukan klik tanda silang dan menutup jendela facebook. Bahkan untuk awal, sudah ditutup nanti dibuka lagi, ditutup dibuka lagi dan seterusnya. Tapi 1000 langkah itu dimulai dari 1 langkah tho? (sok bijak). Kalau gak mau close, coba ikuti saran 3 Langkah Mudah Monetisasi Facebook yang ditulis kak @sherlomes.
Buatlah Daftar Pekerjaan

Membuat list daftar pekerjaan bukan saja memudahkan mengurutkan prioritas, namun juga bisa membantu lebih fokus dan akhirnya meningkatnya produktivitas kita. Kalau sudah maniak online, bisa membuat journal di Google Drive, atau bisa menuliskannya melalui aplikasi-aplikasi diary online. Namun saya sendiri lebih menyukai menulisnya secara manual di buku catatan ataupun di whiteboard.

Jangan sampai sob membuka laptop atau komputer, tanpa mengetahui apa yang hendak dikerjakan.
Prioritas dan Timing

Setelah ada daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian bisa kita tentukan prioritas pekerjaan mana yang

harus selesai terlebih dahulu, dan mana yang bisa dikerjakan selanjutnya. Selain membuat prioritas, sobat juga bisa memberikan waktu untuk masing-masing pekerjaan. Secara tidak langsung, pemberian waktu itu akan memacu semangat kita agar bisa menyelesaikannya sebelum batas waktu habis. Nah, untuk kepengtingan ini, ada sebuah software yang bisa membantu kita meningkatkan produktivitas jika digunakan dengan baik.

Oke, agak berat bahasannya ya bero? Gak apa-apa, yang penting jangan sampe kurang weekend-nan. Simak lanjutannya sobb:
Meningkatkan produktivitas bekerja dengan The Focus Master

Sudah pernah mendengar software ini? Software ini bertujuan untuk membantu meningkatkan produktivitas dengan adanya timer untuk setiap poin pekerjaan yang kita lakukan. Mau coba? Ikuti step dibawah ini :

Download The Focus Master disini, memang harus mengisi email untuk mendapatkannya, tapi selama ini saya tidak pernah mendapat spam yang berlebihan dari si empunya software ini.

Install seperti biasa, dan buat shortcut di desktop untuk memudahkan.

Jalankan The Focus Master, tampilannya seperti ini :

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online – TheFocusMaster 1

Ketika pertama kali membuka, tampilan yang sobat miliki mungkin sedikit berbeda. Yaitu banyak catatan-catatan default di tab kiri, tinggal klik clear untuk menghapusnya.
Membuat catatan pekerjaan

Untuk membuat catatan baru, lihat sisi kiri atas, masukkan nama pekerjaan dan keterangannya, kemudian klik tanda (+).
Menambahkan waktu

Setelah masuk ke tab dibawahnya, berilah waktu untuk setiap pekerjaan yang kita buat, dengan cara sorot nama pekerjaan, kemudian akan muncul timer mulai dari 5 menit, 15 menit, 30 menit, dan seterusnya.

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online – TheFocusMaster 2

Pada contoh, saya menambahkan waktu 30 menit untuk pekerjaan menulis artikel. Setelah itu, akan muncul di tab sebelah kanan, seperti pada gambar berikut.

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online – TheFocusMaster 3

Lakukan.

Ketika sudah siap melaksanakan pekerjaan, tekan tombol play untuk memulai, dan waktu akan berjalan mundur.

Masbero bisa membuat beberapa daftar pekerjaan sekaligus, kemudian menyelesaikannya satu per satu. Nantinya, bero juga bisa mendapatkan report dari semua hasil pekerjaan dengan klik menu report yang ada di atas.

Ketika waktu habis, maka alarm akan berbunyi. Namun jika pekerjaan yang kamu lakukan sudah selesai ketika waktu belum habis, maka kamu bisa menekan tombol berwarna hijau (complete this timer). NGONOO Lhoooo….

Oiya, satu lagi. Berhubung tadi saya juga berlatih fokus, ini hasilnya :

Tips Meledakkan Produktivitas dengan Berlatih Fokus di Dunia Online – TheFocusMaster 5

Pekerjaan menulis artikel selesai dalam waktu 26 menit. Biasasanya, bisa berjam-jam lhoo… 😀

Selamat mencoba, dan be Productive Everyday !!

Gambar: NGONOO.com, yourway.net

Baca Juga: